Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan

Beras merah adalah jenis beras kasar yang memiliki nilai gizi lebih tinggi dibandingkan dengan nasi putih atau bahkan beras yang dipoles. Waktu memasak relatif lebih dari nasi putih dan memiliki rasa pedas dan rasa lebih memuaskan. Selain harga beras merah organik yang terjangkau beras merah kaya serat, Vitamin B1 & B2, zat besi dan kalsium.

Karena kandungan nutrisi yang tinggi dan manfaat kesehatan dari beras merah, sangat disarankan untuk pasien jantung dan juga penderita diabetes. Selain itu dicintai oleh guru kesehatan serta fanatik kebugaran karena kandungan seratnya yang tinggi membantu menambah berat badan. Dengan mengonsumsi beras merah, Anda bisa mendapatkan nutrisi berikut dan juga manfaat kesehatan.

Mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas

Beras merah / coklat adalah sumber zat besi atau mangan yang bagus. Mangan, yang hanya berperan dalam menghasilkan energi untuk tubuh adalah elemen penting dari enzim dan juga anti-oksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang terbentuk setelah energi yang dihasilkan.

Selain itu, beras merah / coklat penuh seng, mineral yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga mekanisme pertahanan tubuh berfungsi secara efektif. Sama seperti besi atau mangan, seng juga mengandung anti-oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak jaringan dan sel di dalam tubuh.

Mengandung Vitamin B6

Dengan hanya mengonsumsi satu porsi nasi merah / coklat , dapat memenuhi 23 persen vitamin B6, kuantitas yang dibutuhkan untuk fungsi organ. Vitamin khusus ini diperlukan untuk membantu menyeimbangkan perkembangan serotonin, sel darah merah yang membantu pembentukan sel DNA.

Dapat Membantu Mencegah Penyakit Jantung

Jumlah yang lebih tinggi dari low-density lipoprotein atau LDL dalam darah menyebabkan penumpukan plak di dinding arteri. Ini mempersempit ukuran arteri dan dapat memblokir arteri koroner, menyebabkan serangan jantung. Mengurangi kadar kolesterol LDL mengurangi kemungkinan penyakit jantung.

Dapat Menurunkan Glukosa Darah

Kadar glukosa darah yang tidak terkontrol pada penderita diabetes dapat merusak mata, ginjal dan juga jantung koroner. Mengontrol kadar gula darah mengurangi bahaya ini.  Hasilnya menyatakan bahwa pemberian oral Hon-Qi dapat mengurangi glukosa darah pada tikus diabetes yang kekurangan insulin.